Core Preparation

April 30, 2015
0 Comment

Pada kategori ini, terdapat alat-alat yang diperlukan untuk mempersiapkan contoh batuan (atau core sample) sebelum digunakan dalam analisa laboratorium seperti plugging machine (alat pencetak sampel dengan cara bor), core slabbing saw (alat pengiris), grinderextractorcore cleaner, juga oven dan saturator.

 

01.PluggingMachinePlugging Machine

Diamond-tooled drill press ini secara spesifik dirancang untuk mengebor berbagai ukuran core samples. Tersedia dalam automatic dan manual plugging machine, juga menyediakan coring bit dalam berbagai ukuran.
Dapat juga dihubungkan dengan sistem pendingin bersirkulasi.

 

02.SawCore Slabbing/Trimming Saw

Dengan diamond impregnated radial blade, dapat digunakan untuk mengiris sampel batuan atau memangkas core. Versi automatic machine dapat menyesuaikan dengan tingkat kecepatan pekerjaan, dan dapat digunakan untuk memotong long section pada sampel batuan yang paling padat sekalipun tanpa memecah atau merusak batuan.
Dapat juga dihubungkan dengan sistem pendingin bersirkulasi.

 

03.GrinderCore End Face Grinder

Bila menghendaki penampang ujung sampel yang benar-benar rata dan paralel untuk pengujian advanced rock property, maka dibutuhkan end face grinder. Alat ini dapat dihubungkan dengan pendingin tersirkulasi, juga penyedot untuk pekerjaan yang mementingkan kondisi kering.
Ada pula gabungan trimming saw/end face grinder dalam satu alat.

 

04.ovenOven Pengering

Ada beberapa pilihan oven pengering sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Humidity drying oven digunakan bila memerlukan kondisi kelembapan yang stabil.
Vacuum drying oven memungkinan pengeringan dengan cepat dengan menggunakan pompa vakum.
Air forced drying oven untuk pengeringan yang efisien terutama untuk batuan yang telah dibersihkan dengan solvent, sebelum melakukan pengukuran permeabilitas dan porositas.
Tersedia dalam beberapa ukuran volume.

 

05.SaturatorSaturator

Digunakan untuk melakukan rangkaian proses/siklus vakum dan saturasi pada sampel batuan. Alat standar dapat digunakan untuk plug-sized sample. Alat saturator versi manual dapat juga dilengkapi dengan pompa tekan (2,000 psi output) bila dibutuhkan. Juga tersedia dalam versi otomatis.
Saturator versi overburden dapat menghasilkan nilai saturasi yang baik atas contoh batuan pada tekanan overburden. Contoh batuan diletakkan di dalam hydrostatic core holder dan ditekan dengan vakum selama beberapa jam. Core holder tambahan dijual terpisah.

 

06.Centrifugal and SolventCentrifugal Extractor & Recovery Still

Centrifugal extractor dirancang untuk menyemprotkan sampel batuan dengan solvent bersih dan yang telah dihangatkan. Kecepatan rotasi dapat dipilih untk menyesuaikan dengan derajat konsolidasi.
Solvent recovery still dapat digunakan untuk mendaur ulang solvent dalam sebuah sirkulasi tertutup.

 

07.SoxhletSoxhlet Extractor

Soxhlet extractor yang dirancang untuk penggunaan dengan plug sized core sample, atau full sized core sample. Dapat dibeli terpisah, atau dirangkai hingga 6 soxhlet extractor.

Glassware terdiri atas labu didih, soxhlet extractor, dan condensor. Sebuah tubing flexible dari plastik menghubungkan condensor dengan alat pendingin. Alat pemanas (heating mantle) dilengkapi dengan pengontrol thermostatis.

 

08.Core CleanerCore Cleaner

Solvent Core Cleaner CSC70 adalah pembersih core yang menggunakan gas CO2 untuk membersihkan minyak mentah, cairan lumpur pemboran, ataupun air dari sebuah contoh batuan (whole core).
Sementara itu, Flow Through Core Cleaner adalah sistem pembersih core yang cepat dan efisien dengan menggunakan tekanan yang cukup. Hidrokarbon dan zat asin (salts) dapat terekstraksi dengan pemaparan tekanan dan suhu. Tekanan dan suhu diatur berdasarkan kondisi sampel dan permeabilitas sampel.

 

09.otherscoreprepAlat-Alat Lainnya

Unconsolidated core mounting system digunakan untuk memasukkan contoh batuan yang rapuh (atau unconsolidated) ke dalam tubing dari Teflon dengan penampang ujung.
Heated vacuum dessicator digunakan untuk mengeringkan contoh batuan dari segala kelembapan dengan menggunakan vakum sebelum melakukan uji permeabilitas dan porositas.
Ultraviolet Box untuk mengamati proses dengan sinar UV dan sinar putih (white light).
Stereomicroscope 7.7:1 zoom range (0.65x-5.0x)

 

Download brosur Conventional Rock Analysis