Porosity Analysis

April 29, 2015
0 Comment

Alat Analisa Porosimetri adalah alat untuk menganalisa berbagai aspek kuantitatif bahan yang berpori, seperti diameter pori, total volume pori, luas permukaan, kepadatan (bulk and absolute). Vinci Technologies menawarkan tiga pilihan porosimeter yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, yaitu standard versioneducation version, dan mercury version.

 

10a.HEPPHelium Porosimeter (HEP-P)

Berdasarkan Boyle’s Law dan Charles’s Law of expansion dari gas helium. Alat ini digunakan untuk pengukuran direct grain volume dan pore volume pada kondisi isothermal. Komputer memudahkan data logging dan penghitungan parameter dan juga penampungan data kalibrasi.
Pengukuran grain volume dilakukan untuk plug core berdiameter 1″ dan 1.5″ dengan panjang hingga 3″.

 

10b.HEPEHelium Porosimeter for Education (HEP-E)

Versi edukasi dari Standard Helium Porosimeter HEP-E tetapi dengan kemampuan yang komparatif. Template kalkulasi menggunakan MS Excel (.xls atau .xlsx) dapat digunakan untuk menghitung grain volume dan porosity.
Pengukuran grain volume dilakukan untuk plug core berdiameter 1″ dan 1.5″ dengan panjang hingga 3″.

 

 

10c.HEPMMercury Porometer

Untuk mengukur gas space dan bulk volume dari contoh batuan. Terdiri dari pompa tangan, sample cell dengan valve jarum (needle valve). Dapat menampung contoh batuan hingga 10-15cm³. Pompa merkuri dilengkapi dengan vernier caliper dengan gradasi 0.01 cm³. Sebuah pressure gauge dapat mengindikasi tekanan hingga 100 bar dan vacuum gauge terhubunga pada sistem.

 

Download brosur Conventional Rock Analysis